Tips Pemberian Asi Yang Tepat Bagi Buah Hati

Air susu ibu merupakan makanan pokok bagi bayi. ASI memiliki gizi yang dibutuhkan oleh sang bayi. Kebutuhan akan ASI oleh sang bayi sangat penting. Namun, ibu-ibu muda kadang kurang mengerti akan hal ini. Seringkali mereka mengganti ASI dengan susu biasa karena kesibukan kerja yang menghalangi. Halangan kerja seperti biasa dijadikan dalih untuk tidak memberikan ASI kepada sang bayi. Padahal untuk bisa tumbuh lebih baik, sang bayi perlu mengkonsumsi ASI untuk pemenuhan gizi yang baik bagi si bayi. ASI bayi tidak bisa digantikan oleh susu-susu lain. Karena ASI adalah sesuatu yang ekslusif yang hanya dimiliki oleh seorang ibu. 


Seorang ibu wajib memberikan anaknya ASI ekslusif. Kewajiban ini bisa di tergantikan apabila memang sang ibu memiliki masalah pada payudara yang dia miliki. Apabila diteruskan, dan jika itu akan berdampak buruk untuk kesehatan si bayi, disitu si bayi boleh untuk tidak diberikan ASI ekslusif. Nutrisi yang ada pada kandungan ASI yakni lectalbumin. Lectalbumin adalah lemak sehat sekaligus zat antibody yang bisa melindungi sang bayi dari berbagai penyakit. Tingkat kekebalan kesehatan dari si bayi akan meningkat, sehingga sang bayi akan sukar terserang penyakit. Bukan berarti menutup kemungkinan terserang penyakit, akan tetapi mempersempit peluang sang bayi terserang oleh suatu penyakit.

Cara Pemberian ASI untuk Sang Bayi Secara Benar

Kapankah ibu-ibu muda mulai memberikan ASI yang dia punyai? Ibu-ibu muda sebaiknya mulai memberikan ASI nya kepada sang bayi setelah bayi baru lahir. Kelahiran bayi dibarengi dengan meminum ASI ekslusif kepunyaan ibu akan berpengaruh baik bagi sang bayi. Ketika bayi pertama kali lahir, ASI dari sang ibu masih belum lancar. Sebab ini adalah awal mula. Tapi anda sebagai ibu muda tidak perlu khawatir. Biarkan saja ASI nya, tunggulah beberapa saat maka ASI akan berjalan dengan lancar, karena sang bayi akan berusaha menyedotnya dengan kuat sehingga ASI akan mengalir dengan lancar. 

ASI diberikan kepada bayi biasanya selama enam bulan lamanya. Namun ada juga yang lebih. Sebagian besar lebih memilih kurun waktu enam bulan karena waktu enam bulan adalah waktu ideal. Artinya tidak kurang maupun tidak berlebih. Porsi pemberian ASI yakni 10 menit pada umumnya. Tipe pemberian ASI ada dua macam tipe, yakni ASI yang berdasar keinginan si bayi dan ASI yang berdasar pola yang sudah kita rancang dengan matang. 

Di dalam pemberian ASI yang berdasarkan keinginan sang bayi yakni dimana setiap sang bayi menginginkan ASI, ibu akan memberikannya, kapanpun itu. Sedangkan tipe kedua yakni, dimana sang ibu membuat pola teratur sang bayi untuk menyusui. Cara kedua ini, ASI dari ibu akan menyesuaikan sendiri dengan kebutuhan sang bayi jika itu dibuat secara teratur. Kedua cara tersebut sama saja. Yang penting, pemberian asupan ASI ekslusif harus diperhatikan. Semoga bermanfaat!

Tips Pemberian Asi Yang Tepat Bagi Buah Hati Rating: 4.5 Diposkan Oleh: baju bola

0 komentar:

Posting Komentar