Tips Menjaga Kesehatan Anak Secara Benar

Anak adalah pemberian, juga berarti sebuah titipan. Orang tua pasti sayang dengan anaknya. Saking sayangnya, orang tua akan membelikan apapun untuk anaknya. Entah apa yang membuat para orang tua menuruti keinginan anak-anaknya. Apakah itu berarti sama dengan sebuah pewarisan diri. Apakah itu suatu upaya tanggung jawab karena telah melahirkan anak. Apakah itu dikarenakan suatu tradisi bahwa orang tua harus seperti itu kepada anaknya. Hukum orang tua dan anak adalah hukum yang tumbuh secara alami. Karena hidup adalah siklus. Anak akan menjadi orang tua, dan orang tua akan memiliki anak. 

 
Di kala anak sakit, orang tak akan tega. Orang tua gelisah ketik sang anak sedang sakit. Orang tua tentu akan menjaga pola hidup sang anak tetap sehat. Supaya sangat anak tetap sehat. Asupan gizi yang harus dimiliki seorang anak, jika mampu, sediakanlah gizi tersebut untuk mereka. Seperti yang telah kita pelajari ketika masih sekolah dasar, yakni empat sehat lima sempurna. Apabila keuangan kita tidak memiliki cukup biaya. Kita tidak perlu melakukan menu empat sehat lima sempurna setiap hari. Cukup beberapa kali saja dalam seminggu. Selain itu pastikan kebersihan dari makanan yang akan anak makan.

Kebersihan dan Waktu Istirahat

Selain kehigenisan dari makanan sang anak, rumah anda harus dijaga kebersihannya, dijaga kerapiannya. Kebersihan adalah sebagian dari iman. Kebersihan dari sebuah rumah harus dijaga demi mencegah penyakit yang bisa saja muncul dari rumah yang kotor, berantakan, dan kumuh. Anda tentu tidak ingin anak anda jatuh sakit karena rumah anda tidak layak kebersihannya. Bersihkanlah secara rutin rumah yang anda miliki. Baik kamar anda, kamar anak anda, ruang makan, ruang tamu, hingga kamar mandi anda. Bersihkanlah secara rutin dan berkala setiap ruang yang ada pada rumah anda. Sikap rajin bersih-bersih anda berpengaruh terhadap kesehatan anda. 

Untuk menjaga kesehatan anak, anda jangan lupa bahwa istirahat juga merupakan faktor penting untuk sang anak. Namun hal ini sering luput dari pandangan orang tua. Anak-anak bersekolah setiap pagi. Siang hingga sore juga bersekolah di madrasah diniyah, apabila mengikutinya. Siang hingga sore sang anak juga bisa saja dihabiskan untuk kegiatan ekstrakulikuler. Malam harinya si anak mengaji di musholla terdekat. Kemudian setelah itu mereka baru beristirahat. Jelas waktu anak-anak begitu sedikit, mereka hanya punya waktu luang saat malam. Namun, malam hari anak juga membutuhkan belajar untuk bersekolah di esok hari. Akan beda cerita bila siang hari, sang anak tidak memiliki kegiatan di siang hari. 

Anda harus bisa menyesuaikan waktu istirahat bagi anak tercinta anda. Pastikan waktu tidur anda telah memenuhi batasan tidur yang sehat, yakni sekitar tujuh jam. Anak-anak yang mengalami gangguan beristirahat atau kurang istirahatnya, biasanya anak itu mudah terserang oleh penyakit. Diri seolah tak semangat apabila tidurnya kurang. Maka aturlah waktu istirahat, serta waktu hiburan yang tepat untuk anak anda. Semoga bermanfaat!

Tips Menjaga Kesehatan Anak Secara Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: baju bola

1 komentar: