Kenali Apa Itu Virus Zika?Gejala serta Pencegahannya.

Pada tanggal 1 Februari 2016, World Health Organization (WHO) menetapkan darurat terhadap virus zika. Hal ini disebabkan beberapa negara didaerah amerika latin, eropa serta asia sudah terjangkit virus ini. Bergitu berbahayanya virus ini sehingga WHO menetapkan menjadi bencana internasional dan setiap negara harus mewaspadai penyebaran virus ini sedini mungkin.

Apa itu Virus Zika?

Gambar Nyamuk Aedes aegypti Penyebar Virus Zika

Virus Zika pertama kali diidentifikasi pada tahun 1947 didaerah Hutan Zika, Uganda dan kemudian beberapa negara di Afrika,Asia Tenggara,dan Pulau di daerah Pasific mulai melaporkan adanya penemuan virus ini. Virus Zika merupakan sejenis virus dari keluarga flaviviridae dan genus flavivirus yang disebarkan oleh Aedes aegypti. Jenis nyamuk ini sama dengan nyamuk yang menyebarkan penyakit Demam Berdarah,Chikungunya,serta Demam Kuning. Nyamuk ini berkembang didaerah yang tropis dan subtropis sehingga tidak heran pada tahun 2015 lalu virus ini juga ditemukan di Indonesia. Apalagi saat ini, Indonesia tengah memasuki musim hujan dimana nyamuk berkembang biak.

Gejala Virus Zika?

InfoGraphic Mengenal Virus Zika

kebanyakan orang yang terinfeksi virus ini tidak akan menunjukan gejalanya pada hari pertama namun 1 dari 5 orang yang terinfeksi akan jatuh sakit dihari pertama. Gejala virus Zika akan muncul saat 3-12 hari setelah terinfeksi. Dimana beberapa tanda atau gejala yang muncul adalah sebagai berikut :
  1. Demam yang ringan yakni 37.8°C dan 38.5°C
  2. Merasa lemah dan lelah
  3. Mata menjadi merah
  4. Sakit Kepala
  5. Nyeri Otot dan Sendi
  6. Munculnya tanda kemerahan pada badan

Bagaimana Penanganan Virus Zika?

Ilustrasi Virus Zika

Sampai saat ini, virus zika belum ditemukan obat untuk menyembuhkannya. Namun untuk pertolongan pertama bisa dengan memberikan obat penurun panas,makan yang kaya akan protein, istirahat yang cukup serta minum air.

Pencegahan Terinfeksi Virus Zika

Gambar Tanaman geranium pengusir nyamuk alami

Bagi anda yang saat ini belum terinfeksi maka ada baiknya jika anda melakukan langkah pencegahan penyebaran virus ini.
  1. Lakukan kegiatan 3M yakni menguras, menutup, dan memanfaatkan barang atau wadah tempat bersarangnnya nyamuk Aedes aegypti.
  2. selalu gunakan bubuk pembunuh jentik nyamuk pada wadah penampungan air yang sulit dibersihkan.
  3. Gunakan obat anti nyamuk dan kelambu saat akan tidur. 4. Tanamlah tanaman yang dapat mengusir nyamuk.
  4. Aturlah cahaya dan udara yang masuk kedalam rumah sehingga tidak menjadi lembab serta hindari kegiatan menggantung baju dalam rumah.
  5. Mintalah dinas kesehatan setempat untuk melakukan Fogging sehingga memutus rantai nyamuk.
  6. Gunakan selalu celana dan baju berlengan panjang.
  7. Saat akan berpergian gunakan dahulu sunblock baru gunakan lotion anti nyamuk.
Demikianlah informasi singkat mengenai virus zika yang dapat admin sampaikan. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda mencegah terinfeksinya virus zika.

Kenali Apa Itu Virus Zika?Gejala serta Pencegahannya. Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar