Cara membersihkan Kotoran Telinga Secara Alami

Ketika kita bicara kotoran maka yang terbayang dibenak kita adalah sesuatu yang kotor dan bau yang harus dibersihkan karena bisa memicu sebagai sarana bagi bakteri jahat untuk menyebarkan penyakit. Pada organ tubuh bagian luar hampir semua mengeluarkan zat sisa atau kotoran dari dalam tubuh tak terkecuali telinga. Pada telinga kita terdapat kotoran telinga yang sebenarnya merupakan zat alami yang dihasilkan telinga untuk melindungi telinga dan liang telinga. Kotoran telinga bagian dalam umumnya berupa gumpalan lunak. Gumpalan ini adalah produksi alami dari kelenjar minyak di dalam telinga yang justru sebenarnya berperan memerangkap debu dan menjaga agar air tidak masuk ke telinga. Kotoran telinga sebenarnya tidak akan menyebabkan gangguan jika berada pada kadar yang tepat.

Cara membersihkan kotoran Telinga Secara Alami

Namun terkadang kotoran telinga itu menumpuk dan menimbulkan rasa ketidaknyamanan pada telinga. Umumnya masyarakat masih sering membersihkan telinga asal-asalan dengan menggunakan cotton buds yang dijual bebas dipasaran, dengan pemakaian yang salah bukan malah membersihkan telinga namun malah membuat kotoran itu semakin terdorong kedalam, pada rentang waktu tertentu kotoran yang terdorong kedalam itu akan mengeras dan semakin susah untuk dibersihkan. Sudah banyak kasus pembersihan kotoran telinga yang salah malah membuat masyarakat harus merogoh koceh cukup dalam pada dokter THT hanya untuk membersihkan kotoran telinga yang mengeras didalam telinga. Hal ini karena kotoran yang mengeras itu dapat mengganggu proses pendengaran bahkan bisa merusak bagian sensitif telinga jika tidak secepatnya dilakukan tindaklanjut yang benar.
Lalu bagaimana cara aman, dan alami untuk membersihkan telinga? Berikut beberapa obat alami yang mudah didapatkan untuk menyingkirkan kotoran telinga, bahan-bahannya dengan mudah dapat ditemui disekitar kita seperti:

1. Air garam

Air larutan garam ini sudah terkenal sekali sebagai obat mujarab dalam menghilangkan kotoran pada telinga. Langkah-langkah penggunaan air garam untuk membersihkan telinga adalah sebagai berikut:
  1. Larutkan garam 1 sendok makan pada setengah gelas air anget kuku
  2. Jika garam sudah larut, miringkan kepala dengan posisi telinga yang akan dibersihkan berada diatas dan teteskan air garam perlahan kedalam
  3. Jika sudah gunakan kapas pada bagian luar telinga yang sudah ditetesi
  4. Miringkan lagi kepala berlawanan arah untuk melakukan proses yang sama seperti diatas pada telinga yang lain.

2. Cuka dan alkohol

Hasil percampuran dua bahan ini dapat anda gunakan untuk mengeluarkan kotoran berlebih pada telinga anda. Caranya :
  1. Gunakan alat penyemprot air ukuran kecil (bisa gunakan bekas botol parfum spray isi ulang yang sudah cuci bersih). Campurkan kedua bahan tersebut kedalam wadah spray yang anda miliki.
  2. Semprotkan cairan itu telinga yang ingin dibersihkan (2-3kali).
  3. Ambil kapas yang bersih dan lembut, tekan lembut telinga bagian dalam. Ulangi proses sampai kotoran telinga bisa menempel oleh kapas anda.
  4. Lakukan proses yang sama pada telinga lainnya jika dirasa telinga tersebut juga memiliki kelebihan kotoran yang mengganggu anda

3. Minyak Zaitun

Bisa dibilang minyak multimanfaat ini adalah bahan paling aman dalam mengeluarkan kotoran pada telinga karena lembut dan tak ada efek samping, jika anda sulit menemukan minyak zaitun anda dapat menggantinya dengan baby oil . Berikut cara kerja minyak zaitun :
  1. Celupkan sepotong kapas kedalam minyak zaitun hangat
  2. Peras jika minyak yang ada dikapas terlalu banyak
  3. Tempatkan kapas pada telinga anda, tunggu sekitar 15 menit lalu keluarkan kapas
  4. Ulangi terus proses diatas sampai dirasa kotoran ditelinga sudah berkurang.

4. Fenolgliserin

Bahan lain yang dapat digunakan untuk membersihkan telinga adalah fenolgliserin karena bahan ini merupakan bahan yang biasa digunakan dalam produk kecantikan seperti sabun atau lotion sebagai penjaga kelembaban kulit, dalam hal ini fenolgliserin berfungsi sebagai penyerap cairan dan minyak berlebih yang ada didalam telinga, cara menggunakan fenolgliserin juga mudah, yaitu:
  1. Tuangkan 2-3 tetes gliserin kedalam telinga yang akan dibersihkan
  2. Kemudian sapu bersih telinga dengan cotton buds secara perlahan
  3. Ulangi prosesnya sampai dirasa telinga sudah bersih
  4. Lakukan hal yang sama jika ingin membersihkan telinga yang satu nya.

5. Hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida atau cairan perhidrol merupakan cairan dapat digunakan untuk melembutkan atau membantu mengeluarkan serumen telinga. Hidrogen peroksida adalah bahan kimia alami yang aman namun bila digunakan secara berlebihan dapat menyebabkan infeksi di telinga, karena jika ada cairan yang tertinggal didalam saluran telinga dapat menjadi media pertumbuhan bakteri. Berikut langkah aman penggunaan hidrogen peroksida:
  1. Campurkan cairan hidrogen peroksida 3% pada air hangat dengan perbandingan 1:1 atau komposisi yang sama antara hidrogen dengan air hangatnya
  2. Tuangkan cairan ke dalam kapas, kemudian peras kapas dan masukkan cairan ke telinga, tunggu beberapa saat.
  3. Sapu bersih telinga menggunakan cotton buds secara perlahan untuk membersihkan telinga dan mencegahan ada sisa cairan yang tersisa didalam telinga
Cara-cara alami untuk membersihkan kelebihan kotoran diatas memang aman untuk digunakan namun pastikan Anda tidak memiliki infeksi telinga sebelum mulai membersihkannya. Jika Anda memiliki infeksi telinga, maka membersihkan kotoran telinga yang menumpuk dapat mengakibatkan gendang telinga sobek (Ironisnya, kotoran telinga sebenarnya melindungi telinga dari infeksi). 

Jika ragu, kunjungilah dokter. Membersihkan atau menyingkirkan kotoran telinga dari liang telinga mungkin terdengar berisiko, namun tindakan ini kemungkinan menjadi buruk jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan. Jika telinga Anda sakit, jangan mengambil risiko. Sebaliknya, kunjungilah dokter dan berkonsultasilah tentang telinga anda. Biasanya dokter dapat mengeluarkan kotoran telinga dengan alat kecil yang disebut kuret atau memakai alat sedot (suction). Langkah lain, dokter mungkin akan merekomendasikan irigasi telinga, yaitu pengaliran air bertekanan untuk menghilangkan kotoran telinga.

Informasi Tambahan Tentang Kotoran Telinga yang harus anda Tahu

  • Kotoran telinga jangan terlalu sering dibersihkan karena pada hakikatnya kotoran tersebut merupakan zat alami yang dihasilkan telinga untuk melindungi telinga dan liang telinga oleh karena itu bersihkan telinga hanya jika dirasa kotoran telinga itu sudah berlebihan dan menimbulkan rasa tidak nyaman.
  • Cairan fenolgliserin dan hidrogen peroksida / cairan perhidrol dapat anda temukan diapotik-apotik terdekat dengan merek dagang yang berbeda.
  • Jangan gunakan cotton buds dengan cara didorong lebih jauh ke dalam telinga karena dapat menyebabkan jalan masuk yang lebih sempit ke dalam liang telinga. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan jika Anda secara tidak sengaja mendorong kotoran telinga atau cotton bud ke dalam gendang telinga.
  • Dengan mengkonsumsi vitamin C secara teratur dapat membuat tumpukan telinga menjadi hilang secara alami.
  • Apabila telinga masih banyak terdapat kotoran meskipun telah dilakukan pembersihan maka segera kunjungi dokter THT terdekat.
Demikian pembahasan tentang CARA MEMBERSIHKAN KOTORAN PADA TELINGA, Semoga informasinya bermanfaat.

Cara membersihkan Kotoran Telinga Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: baju bola

0 komentar:

Poskan Komentar